Jumat, 21 Mei 2010

AHM gelar HRC 2010 di 6 Kota

Jakarta–PT Astra Honda Motor (AHM) berkerjasama dengan jaringan Main Dealer kembali menggelar seri balap motor Honda Racing Championship (HRC) untuk mewadahi minat pecinta olahraga motor sport di Indonesia.

HRC tahun 2010 ini merupakan ajang balap tahunan yang rutin digelar AHM. Tahun ini merupakan tahun yang kedelapan sejak kegiatan balap ini diadakan pertama kali pada tahun 2003.

AHM menetapkan enam kota besar sebagai tempat penyelenggaran ajang balap motor yang mengusung tema Break Your Limit with Honda Blade ini. Putaran pertama akan digelar di Kemayoran, Jakarta diikuti dengan kota lain yaitu Yogyakarta, Lampung, Bandung, dan Bali . Putaran final akan diselenggarakan di Kenjeran Park, Surabaya.

Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan HRC merupakan salah satu bentuk komitmen Honda dalam mendukung pengembangan olah raga motor sport di Indonesia, selain mendukung beberapa tim balap di ajang Indoprix dan Motoprix. Perhelatan balap tahunan ini diharapkan mampu menjadi kawah candradimuka untuk melahirkan pembalap berprestasi di tingkat nasional dan internasional di masa depan.

“Event ini diharapkan dapat mengurangi balapan liar karena kami menyediakan wahana khusus bagi mereka yang hobi balap. Tidak hanya itu, HRC ini juga salah satu sarana pembuktian ketangguhan dan kehandalan mesin motor Honda di arena balap motor, termasuk model motor skutik” ujarnya.

Untuk tujuan tersebut, pada HRC 2010 AHM akan melombakan 7 kelas balap, yaitu:
1. Honda Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up Seeded (MP1)
2. Honda Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Seeded (MP2)
3. Honda Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up Pemula (MP3)
4. Honda Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Pemula (MP4)
5. Honda Matic 130 cc 4 Langkah Standard Pemula
6. Honda Matic 130 cc 4 Langkah Tune Up Terbuka (Seeded+Pemula)
7. Honda Blade 110 cc 4 Standard Pemula Lokal - usia maks.16 tahun

Untuk lomba balap tahun ini, disediakan hadiah utama 6 unit motor yang terdiri dari 4 unit Honda Blade dan 2 unit Honda BeAT. Di samping itu juga akan ada apresiasi lain bagi pemenang dalam bentuk beragam hadiah menarik yang bernilai puluhan jutaan rupiah.

Khusus untuk kelas Honda Blade Pemula Lokal (point 7) maka penyelenggaran menetapkan persyaratan yang relatif mudah yaitu cukup dengan membawa kelengkapan balap (wearpack & sepatu balap), membayar uang pendaftaran dan

mendapat ijin pengurus daerah IMI/ orang tua. Usia peserta dibatasi maksimum 16 tahun (akte kelahiran 1994). AHM menyediakan unit motor balap Honda Blade untuk maksimum jumlah starter 24 peserta. Pembalap lokal yang berusia antara 12 – 16 tahun akan lebih diprioritaskan.

Di setiap kota penyelenggaraan, selain dapat menyaksikan adu balap, masyarakat juga dapat menyaksikan dan berpartisipasi dalam kegiatan lain di sekitar arena balap, seperti aneka pameran produk sepeda motor Honda, pameran produk industri pendukung racing, teknologi mesin Honda mutakhir, klub Honda, kampanye keselamatan berkendara, kontes modifikasi, games-doorprize serta panggung hiburan artis.

Jadwal kejuaraan:
1. Putaran 1, Kemayoran Jakarta pada 10-11 April 2010
2. Putaran 2, Yogyakarta pada 8-9 Mei 2010
3. Putaran 3, Lampung pada 5-6 Juni 2010
4. Putaran 4, Bandung pada 17-18 Juli 2010
5. Putaran 5, Bali pada 16-17 Oktober 2010
6. Putaran 6 & Grand Final, Park Kenjeran Surabaya pada 6-7 Nopember 2010

Kegiatan HRC 2010 disponsori oleh:
1. PT Federal Karyatama (Pelumas)
2. PT Tarakusuma Indah (Helm)
3. PT GS Battery (Aki / batteray )
4. PT Yutaka Manufacturing Indonesia (Knalpot & Piringan Rem Cakram)
5. PT Suryaraya Rubberindo Industries (Ban)
6. PT Showa Indonesia Manufacturing (Peredam Kejut)
7. PT Denso Sales Indonesia (Busi)
8. PT Federal Izumi Mfg (Piston)

HRC 2010 juga didukung oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan FR Action Events selaku racing event organizer. Untuk pendaftaran peserta balap HRC 2010 silahkan menghubungi :

FR Action Events (Faryd Sungkar)
Jalan PDK Permai No.3A Rempoa Bintaro
Tlp. (021) 736-1771 Fax. 740-9555
Read more..

New BeAT Awali Kiprah Honda di Pasar Skutik 2010


Jakarta - Mengawali tahun 2010 PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda BeAT dengan tampilan baru untuk menjawab keinginan konsumen terhadap model skutik yang berpenampilan modern dan trendi.

New BeAT ini mengawali kiprah Honda di segmen skutik domestik dengan modal perubahan tampilan pada bagian front fender yang lebih tinggi ini dibandingkan dengan model sebelumnya. Perubahan ini membuat skutik idaman anak muda ini mampu memberikan kesan yang lebih modern tapi tetap trendi. Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan skutik merupakan tipe sepeda motor yang memiliki pertumbuhan permintaan sangat pesat di Indonesia dibandingkan dengan model sepeda motor lain. Hal ini terjadi karena karakter sepeda motor skutik yang relatif praktis dan nyaman dikendarai.

Remaja dan mereka yang berusia muda merupakan salah satu kelompok yang memiliki minat besar terhadap model skutik. Karena itu, AHM di awal tahun ini memperkenalkan New BeAT yang diharapkan mampu memberikan kesan lebih modern dan trendi kepada penggunanya, terutama kalangan remaja.

”Kami berharap tampilan baru BeAT ini akan membuat remaja atau anak muda penggunanya lebih percaya diri karena motornya tampil trendi dan modern,” ujarnya.
Pada awal tahun ini, AHM tidak hanya memperkenalkan BeAT berpenampilan baru tapi juga merilis varian BeAT berpelek jari-jari (spoke wheel) melengkapi varian lama yang menggunakan tipe pelek racing (casting wheel).

Julius menyatakan kehadiran varian BeAT peleg jari-jari ini diharapkan dapat menambahkan pilihan lain bagi pecinta Honda BeAT yang selama ini dikenal sebagai model skutik trendi dan hemat bahan bakar.

”Honda BeAT tampilan baru versi spoke wheel maupun casting wheel akan secara resmi dipasarkan di jaringan diler Honda mulai bulan depan,” ungkapnya. Varian baru Honda BeAT berpelek jari-jari ini dipasarkan dengan harga Rp 12.000.000,- (OTR DKI Jakarta) sedangkan harga untuk tipe pelek racing (casting wheel) sebesar Rp 12.500.000,- (OTR DKI Jakarta). AHM tetap memasarkan Honda BeAT dengan varian warna sebelumnya, yaitu Pop Pink, Electro Red, Techno White, Hard Rock Black, dan Jazz Blue.

Di segmen skutik pasar motor domestik, sepanjang tahun 2009 AHM mencatat angka penjualan sebesar 861.737 unit atau melonjak sekitar 62% dibandingkan dengan penjualan tahun 2008 yang hanya 530.633 unit. Kontribusi skutik melambung dari hanya 18,5% pada tahun 2008 menjadi 32% pada tahun lalu.

Honda di pasar skutik dikenal sebagai produsen yang mengedepankan prinsip safety. Semua model skutik Honda yang dipasarkan di Indonesia seperti BeAT, Vario, dan Vario Techno, sudah dilengkapi dengan fitur parking brake system dan side stand switch yang membuat mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping diturunkan.

Khusus model BeAT, penjualannya terus meningkat sejak awal tahun yang berada di kisaran 24.000 unit per bulan hingga akhirnya pada penghujung tahun penjualannya melonjak hingga hampir 50.000 unit. Total penjualan skutik bermesin 110 cc ini sepanjang tahun lalu tercatat 432.726 unit.

Secara keseluruhan, berdasarkan data resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), AHM berhasil melanjutkan kepemimpinannya di pasar kendaraan roda dua 2009 dengan angka penjualan 2.701.278 unit atau 46,2% terhadap total pasar motor lndonesia yang mencapai 5.851.962 unit.
Read more..

Honda Edukasi Remaja Berkendara Aman dengan Honda BeAT

Jakarta - Tidak hanya berkomitmen menggarap pasar skutik dengan menyediakan produk yang sarat fitur safety, PT Astra Honda Motor (AHM) juga memberikan perhatian besar terhadap konsumen agar berkendara aman dengan produk skutiknya.

Perhatian besar ini diwujudkan dengan menggelar aktifitas safety riding khusus untuk remaja yang dikemas dalam BeAT Riding Challenge. Program ini ditujukan untuk memberi pengetahuan bagi remaja –khususnya pelajar SLTA- cara mengendara skutik yang aman, terutama di kalangan remaja.

BeAT Riding Challenge merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program Nge-BeAT bareng HAI Skulizm yang akan digelar di 60 SLTA di sejumlah kota besar yang akan berlangsung mulai Februari hingga April 2010.

AHM telah menyiapkan instruktur yang telah dibekali pengetahuan dan skill khusus untuk memberikan pelatihan berkendara aman dengan menggunakan Honda BeAT,skuter matik gaul dan irit.

Head of Corporate Communication PT AHM Kristanto menyatakan, mengendari skutik dengan aman memerlukan pengetahuan dan skill khusus mengingat model kendaraan ini tidak memiliki engine break seperti pada tipe bebek. ”Kami menyosialisasikan berkendara aman dengan skutik di kalangan remaja
karena mereka merupakan salah satu pengguna skutik terbesar di negeri ini,” ujarnya.

Selain kegiatan safety riding, program Nge-BeAT bareng HAI Skulizm juga akan diikuti dengan kegiatan lain termasuk aktifitas BeAT Idol Search, yakni kontes foto bersama Honda BeAT bertujuan untuk mencari grup-grup gaul anak-anak SLTA yang akan dijadikan bintang iklan Honda BeAT. Selain itu ada aktifitas komunitas BeAT dimana salah satunya membuka registrasi menjadi anggota komunitas BeAT, pameran aksesoris, kontes dan display modifikasi Honda BeAT.

Kristanto menuturkan penggunaan Honda BeAT dalam kegiatan ini karena model ini merupakan skutik Honda yang paling diminati anak muda dan remaja dengan permintaan yang terus meningkat setiap bulan.

Mengawali tahun 2010, AHM merilis New Honda BeAT dengan tampilan baru yang lebih modern dan trendi berupa perubahan tampilan pada bagian front fender yang lebih tinggi dibandingkan dengan model sebelumnya.

Tampilan baru ini tidak hanya ditampilkan pada varian Honda BeAT tipe pelek racing (casting wheel) tetapi juga pada varian baru Honda BeAT yang menggunakan pelek jari-jari (spoke wheel).Mulai Februari, dua varian BeAT berpenampilan baru ini sudah dapat dipesan di jaringan Honda di seluruh Indonesia.

Honda BeAT dilengkapi dengan fitur unggulan berupa Tuas Pengunci Rem (parking brake lock ) yang berfungsi sebagai rem tangan serta fitur Standar Samping Otomatis (side stand switch) yang membuat mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun. Penjualan BeAT terus
meningkat sejak awal tahun 2009 yang berada di kisaran 24.000 unit per bulan hingga mencapai hampir 50.000 unit pada penghujung tahun. Total penjualan skutik bermesin 110 cc ini sepanjang tahun lalu tercatat 432.726 unit.
Read more..

Honda Supra dan Tiger raih Top Brand Award 2010

Jakarta - Dua model sepeda motor Honda berhasil merebut posisi puncak Top Brand Award 2010 dari 3 kategori kendaraan roda dua yang disusun oleh Frontier Consulting Group. Pencapaian ini menunjukkan kuatnya sebuah merek dan loyalitas konsumen yang tinggi terhadap Honda.

Honda Supra bertengger di posisi puncak Top Brand Award segmen motor bebek mengalahkan tipe bebek andalan milik produsen lain yang berada di peringkat kedua. Honda Absolute Revo berada di peringkat ketiga mendampingi Honda Supra di segmen motor bebek.

Model lain yang berhasil menempati posisi puncak adalah Honda Tiger yang berhasil memuncaki segmen motor sport menyisihkan model sport yang menjadi andalan salah satu produsen motor di Tanah Air. Selain 2 penghargaan di posisi puncak, PT Astra Honda Motor (AHM) juga menerima 3 penghargaan Top Brand di kategori lain yaitu skutik. Honda yang masuk ke segmen ini lebih belakangan dibandingkan produsen skutik lain, berhasil memasukkan dua merek skutiknya yaitu Vario dan BeAT ke pasar motor yang paling pesat pertumbuhannya ini. Kedua merek skutik AHM ini menempel skutik produsen lain yang hingga saat ini masih memimpin segmen ini.

Survei Top Brand Award ini dilakukan Frontier Consulting Group dengan mendasarkan pada tiga komponen utama yang dinilai sebagai inti penggerak kinerja sebuah merek, yaitu awareness, market share, loyalty.
Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan penghargaan Top Brand Award ini tidak hanya menjadi bukti pengakuan atas kepemimpinan Honda pasar di pasar motor domestik, tapi semakin mengukuhkan posisi Honda sebagai merek yang paling dikenal oleh masyarakat.

”Di beberapa daerah, jika menyebut sepeda motor ya Honda meski sebenarnya motor yang dimaksud bukan Honda. Kami berharap penghargaan ini dapat memicu kami agar dapat terus memberikan produk dan layanan yang terbaik buat konsumen,” ujarnya.

Berdasarkan data resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil melanjutkan kepemimpinannya di pasar kendaraan roda dua 2009 dengan angka penjualan 2.701.278 atau 46,2% terhadap total pasar motor nasional yang mencapai 5.852.040 unit.
Read more..

AHM luncurkan New Revo dan New Supra X 125

Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda New Absolute Revo 110 dan Honda New Supra X 125 dengan tampilan yang semakin modern dan atraktif untuk semakin mengukuhkan dominasinya di segmen cub (bebek).

AHM mengawali langkahnya di segmen bebek 2010 dengan mengubah tampilan Honda New Absolute Revo 110 sehingga terlihat lebih stylish & sporty dengan stripping baru. Desain stripping baru pada varian spoke wheel (peleg jari-jari) menonjolkan unsur sporty dan sharp, sedangkan stripping baru pada varian cast wheel (pelek racing) mengimplementasikan konsep bold lightning dengan kesan sharp, strong, dan cenderung agresif.

Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan sepeda motor tipe bebek masih menjadi model dengan angka penjualan tertinggi. Di segmen ini, Honda selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen dengan menyediakan produk yang bervariasi dengan teknologi terbaik.

“Dalam hal teknologi, kami selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen,” ujarnya.

Model bebek masih menjadi penyumbang terbesar terhadap total penjualan motor AHM yaitu 61,38% atau 1.658.176 unit. Di pasar motor domestik, khusus segmen bebek dengan kapasitas mesin dibawah 125 cc, pangsa pasar Honda meningkat menjadi 50,5% dari hanya 47,7% pada tahun 2008. New Absolute Revo 110 menjadi tulang punggung Honda di segmen ini setelah penjualannya melonjak 34% dari 676.909 unit pada tahun 2008 menjadi 909.819 unit pada tahun lalu.

Honda New Absolute Revo 110 memiliki mesin 4 tak dengan kapasitas 110 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru EFT (Efficient & Low-Friction Technology). Sepeda motor yang irit bahan bakar ini akan dipasarkan dalam dua pilihan yaitu spoke wheel dengan harga Rp 11.865.000,- (on the road Jakarta) dan cast wheel dengan harga Rp 13.215.000 (on the road Jakarta). Varian spoke wheel akan dipasarkan dalam 3 pilihan warna yaitu Meteor Red, Sonic Blue dan Razor Silver, sedangkan varian cast wheel memiliki 4 pilihan warna yaitu Phantom Black, Lava Red, Starlight Silver dan Anchor Grey.

Sementara itu, di segmen bebek dengan kapasitas mesin di atas 125 cc, pada tahun lalu AHM membukukan penjualan sebesar 871.515 unit. Di segmen ini Honda memiliki 3 varian yaitu Honda Supra X 125 spoke wheel, Honda Supra X 125 cast wheel dan Honda Supra X 125 PGM-FI (Proggrammed Fuel Injection). Supra X 125 PGM-FI merupakan pelopor bebek injeksi pertama yang diluncurkan di Indonesia pada 2003.

Honda Supra X 125 dikenal masyarakat sebagai rajanya motor bebek mengingat penjualannya sudah menembus 10 juta unit. Pada 10 Februari, merek ini bahkan kembali berhasil menyabet penghargaan Top Brand Award 2010 untuk kedua kali setelah pada tahun 2009 mengantongi penghargaan yang sama.

Untuk mempertahankan pasarnya, AHM memperbarui tampilan Honda Supra X 125 dengan desain stripping baru dan perpaduan warna body yang berbeda dengan tampilan sebelumnya. Harga Supra X 125 spoke wheel Rp 14.365.000,- (on the road Jakarta). Varian ini memiliki 3 pilihan warna yaitu Dynamic Red, Elegant Blue dan Infinite White, sementara varian cast wheel dilepas seharga Rp 15.465.000,- (on the road Jakarta) dengan 4 pilihan warna yaitu Phantom Black, Lightning Silver, Speedster White dan Laser Green. Honda Supra X 125 PGM-FI yang dipasarkan dengan harga Rp 16.540.000,- (on the road Jakarta) memiliki 3 pilihan warna yaitu Prestigious Black, Glamorous Black dan Gorgeous Violet.

Tampilan ketiga varian ini diubah dengan desain stripping baru dan perpaduan warna body yang berbeda dengan tampilan sebelumnya. Desain varian spoke wheel mengimplementasikan konsep dynamic elegant yang menonjolkan kesan elegan sedangkan varian cast wheel mengusung konsep racing icon, menggambarkan image motor balap untuk anak muda. Adapun desain stripping varian PGM-FI memposisikan motor injeksi pertama di Indonesia ini sebagai icon motor bebek papan atas dengan kesan ekslusif yang dominan.

”Kami sangat yakin penyegaran ini akan diapresiasi oleh konsumen, apalagi mesin Supra X yang sudah terjual lebih dari 10 juta unit dan terbukti tangguh, hemat bahan bakar, serta ramah lingkungan,” ujarnya.
Read more..

AHM Donasikan 33 Unit Sepeda Motor

Jakarta—Sebuah kegiatan CSR kembali dilaksanakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan menyumbangkan 33 unit sepeda motor kepada 17 Sekolah Menengah Kejuruan dan Balai Latihan Kerja yang di beberapa kota di Pulau Jawa.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Plant I AHM - Sunter Jakarta Utara secara langsung kepada para Kepala Sekolah atau wakilnya untuk dibawa ke institusinya masing-masing. Bantuan ini merupakan salah satu bentu perwujudan kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan di bidang pendidikan.

Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM mengatakan dengan bantuan unit sepeda motor ini AHM berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama yang terkait dengan teknologi di bidang otomotif.

“Setiap sekolah idealnya memiliki sarana praktik yang memadai untuk menunjang kebutuhan siswanya. Kami berharap dapat berkontribusi dalam menyiapkan siswa yang memiliki keterampilan dasar yang memadai di bidang otomotif,” ujarnya.

Sebanyak 33 unit motor yang disumbangkan ini mewakili tipe produk terakhir Honda yang dijual di Indonesia saat ini, mulai tipe sport, cub (bebek) dan skutik. Dengan demikian diharapkan, keterampilan para siswa lebih terup-date berdasarkan perkembangan teknologi terkini di industri sepeda motor.

“Bekal yang didapat dari sekolah akan lebih dirasakan sehingga para lulusannya diharapkan akan lebih siap masuk ke dunia kerja,” katanya.

Bantuan unit sepeda motor sebagai sarana praktek ini mendapat sambutan hangat dari SMK maupun lembaga penerimanya karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan sarana praktik untuk laboratorium otomotif.

“Terima kasih kepada PT AHM atas bantuan unit sepeda motor yang diberikan kepada kami. Motor ini sangat kami butuhkan untuk praktik murid-murid kami di sekolah serta dapat lebih mengenal teknologi motor Honda terbaru,” ujar Surasa, S.Pd, Ketua Jurusan Otomotif SMK Angkasa 1 Kalijati Subang.

Sekolah kejuruan sendiri saat ini berkembang cukup pesat karena dianggap mampu untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja. Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan bahkan sedang gencar mempromosikan SMK sebagai alternatif pendidikan tingkat menengah.
Read more..

AHM Bukukan Pertumbuhan Penjualan 21% di Februari 2010

Jakarta — Kondisi ekonomi yang membaik terus menunjukkan dampaknya ke pasar otomotif domestik. Hal ini dirasakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada bulan Februari yang berhasil kembali mencetak kenaikan penjualan 21,14% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

Pada Februari 2010, AHM berhasil menjual 242.865 unit sepeda motor sementara pada bulan Februari 2009 hanya 200.486 unit. Pencapaian pada bulan kedua ini juga lebih baik jika dibandingkan dengan Januari 2010 di mana sepeda motor Honda terjual 216.041 unit, kendati jumlah hari kerja pada bulan Februari lebih sedikit dibandingkan dengan Januari.

Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan menilai stabilitas ekonomi mempengaruhi perbaikan daya beli masyarakat yang akhirnya mendorong mereka membelanjakan uangnya untuk membeli sepeda motor, alat transportasi yang praktis dengan harga paling terjangkau.

”Kebutuhan terhadap sepeda motor sebagai alat transportasi yang praktis masih besar. Daya beli masyarakat yang membaik dan dukungan lembaga pembiayaan membuat penjualan Honda pada Februari lebih baik,” ujarnya.

Di segmen bebek, AHM yang baru melakukan refreshment terhadap model Absolute Revo110 dan Supra X berhasil mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 11,15% dari 127.377 unit pada Februari 2009 menjadi 141.584 unit. Pertumbuhan yang lebih besar terlihat jika dibandingkan dengan Januari yaitu sekitar 28% karena pada bulan pertama tahun ini, bebek Honda hanya terjual 111.032 unit.

Honda Absolute Revo110 series masih menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda di segmen motor terlaris ini setelah pada bulan lalu terjual 84.469 unit atau melonjak sekitar 40% dibandingkan dengan 60.510 unit yang terjual pada bulan Februari 2009. Supra X 125 series menyumbangkan penjualan 40.475 unit sedangkan model Blade berkontribusi 16.649 unit.

Laju motor Honda yang tak terbendung juga terjadi di segmen skuter otomatik atau skutik. Disegmen ini, total penjualan skutik Honda melambung 65% dibandingkan dengan penjualan 52.822 unit pada Februari 2009 menjadi 87.133 unit pada Februari 2010.

Pecinta Honda BeAT yang akhir bulan lalu baru mendeklarasikan komunitas Republik BeAT patut berbangga mengingat penjualan skutik modern dan trendy Honda ini melejit 78% menjadi 43.901 unit pada Februari 2010 dibandingkan dengan 24.640 unit penjualan pada Februari 2009. Permintaan terhadap Vario Series juga tak kalah besar setelah terjual 43.232 unit pada Februari 2010 atau naik 53,4% dibandingkan dengan penjualan 28.182 unit pada bulan yang sama tahun lalu.

Di segmen sport, kinerja Honda juga cukup bagus dengan membukukan angka penjualan sebanyak 14.148 unit . Angka ini berasal dari model Tiger, MegaPro, dan CS1. ”Kami berharap dapat memberikan model motor terbaik kepada konsumen di setiap segmen sehingga Honda akan selalu menjadi pilihan semua kalangan.”
Read more..

Buktikan Revo Hemat BBM, AHM Gelar Adu Irit

Surabaya - PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen selalu menyuguhkan produk hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Untuk membuktikannya, dengan menggandeng sejumlah main dealer, perusahaan menggelar lomba Adu Irit Revo di beberapa kota besar.

Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan ancaman semakin menipisnya bahan bakar fosil membuat produsen otomotif harus berkreasi menciptakan produk yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, termasuk Honda.

Penghematan konsumsi BBM dapat diraih melalui produk sepeda motor dan akan lebih optimal jika dibarengi dengan skill berkendara dan kebiasaan merawat sepeda motor yang baik dan teratur.

“Adu irit Revo merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penghematan BBM,” ujarnya.

Bekerja sama dengan main dealer, AHM menggelar Adu Irit Revo di tiga kota besar yaitu Surabaya pada tanggal 14 Maret, Jakarta pada tanggal 28 Maret, dan Bandung pada tanggal 11 April. Di setiap kota, penyelenggara akan menggandeng civitas akademika dari perguruan tinggi terkemuka untuk terlibat dalam kegiatan ini.

Kegiatan lomba akan dilakukan di jalan-jalan umum dengan tujuan dapat memberikan suasana dan kondisi berkendara sehari-hari pada peserta. Dengan kondisi mesin standard dan kondisi lalu lintas riil ini, diharapkan konsumsi BBM ideal pada Honda New Absolute Revo akan dibuktikan sendiri oleh masyarakat.

Honda New Absolute Revo 110 memiliki mesin 4 tak dengan kapasitas 110 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru EFT (Efficient & Low-Friction Technology). Selain itu juga dibekali teknologi SASS (Secondary Air Supply System) & CECS (Crankcase Emission Control System) yang menghasilkan gas buang hasil pembakaran yang lebih rendah emisi dan aman bagi lingkungan.

“Secara teknologi, Honda Absolute Revo merupakan yang terdepan di kelasnya. Saatnya masyarakat membuktikan seirit apa motor ini.”

Adu Irit Revo dilaksanakan dalam dua kategori peserta yaitu umum dan khusus (pelajar atau mahasiswa). Semua peserta diwajibkan menggunakan Honda Absolute Revo 110 dalam kondisi standard. Jarak tempuh lomba ini berkisar antara 15km – 25 km.

Pelaksanaan lomba ini terbagi dua hari. Hari pertama, semua motor peserta akan diperiksa dan oli serta busi akan diganti. Setelah diberi penjelasan soal safety riding, aturan dan rute lomba, peserta akan mendapat kesempatan melakukan uji rute.

Pada hari kedua, setelah pedaftaran dan pemeriksaan ulang, panitia akan memasangkan tabung bensin dan pengukuran awal BBM yang dilanjutkan dengan pengibaran bendara start.
Setiba di garis finish, panitia akan melepas tabung bensin sekaligus melakukan pengukuran akhir BBM untuk menentukan pemenang lomba ini.

Julius menambahkan, Absolute Revo110 merupakan salah satu produk yang menjadi tulang punggung penjualan AHM. Penjualannya terus meningkat seiring masih besarnya minat masyarakat terhadap model sepeda motor bebek. Pada bulan lalu Honda Absolute Revo110 terjual 84.469 unit atau melonjak sekitar 40% dibandingkan dengan 60.510 unit yang terjual pada bulan Februari 2009.
Read more..

Adu Irit Revo Catatkan Konsumsi BBM 1 liter: 187 kilometer

Sidorajo - Citra Honda sebagai sepeda motor hemat bahan bakar kembali terbukti. Kali ini melalui Adu Irit Revo di Sidoarjo, PT Astra Honda Motor (AHM) mencatat rekor konsumsi bensin Honda Absolute Revo 110 yaitu 1 liter: 187 kilometer.

Rekor ini dicatatkan oleh Bambang Gunawan, seorang wiraswasta dari Surabaya. Peserta kategori umum ini menggunakan Honda Absolute Revo 110 produksi tahun 2009 dengan menempuh rute yang telah ditetapkan sepanjang 20,1 km di jalan Lingkar Timur Sidoarjo.

Bambang menjelaskan sedikit rahasia kemenangannya, "Saya usahakan untuk jalan dengan kecepatan antara 35-40 km/jam di gigi 4" ujarnya. "Sebelum lomba, motor saya servis ringan dan memastikan semua komponen bergerak lancar dan tidak seret. Selain itu, tekanan ban dicek dan dipastikan tidak kempes", tambah Arifin, sang juara 3.

Adu Irit Revo dilakukan dengan memberlakukan beberapa ketentuan yaitu sepeda motor dalam kondisi standard, rute yang ditempuh merupakan jalan umum yang mendatar dengan kondisi lalu lintas normal, mesin harus dalam kondisi menyala sepanjang perlombaan, dan tidak boleh didorong serta diawasi ketat oleh marshal di sepanjang rute.

Selain itu, motor pemenang dicek ulang melalui proses scrutinizing dengan membongkar mesin untuk memastikan kondisi motor masih dalam keadaan standar. Dengan kriteria ini, diharapkan masyarakat dapat membuktikan sendiri konsumsi BBM ideal Honda New Absolute Revo 110. Penilaian lomba ini dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari beberapa kalangan, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, wartawan Tabloid Ototrend, wartawan Tabloid OtoPlus, PT Astra Honda Motor, dan PT MPM (Mitra Pinasthika Mustika) Surabaya (main dealer Honda area Jawa Timur).

“Hasil Adu Irit Revo ini cukup mengejutkan. Setidaknya hasil ini menjadi bukti nyata betapa efisiennya sepeda motor bebek Honda dan konsumen sendiri sudah membuktikan melalui kegiatan ini,” ujar Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan.

Honda New Absolute Revo 110 memiliki mesin 4 tak dengan kapasitas 110 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru EFT (Efficient & Low-Friction Technology). Selain itu juga dibekali teknologi SASS (Secondary Air Supply System) & CECS (Crankcase Emission Control System) yang menghasilkan gas buang hasil pembakaran yang lebih rendah emisi dan aman bagi lingkungan.

Honda Absolute Revo110 sendiri merupakan salah satu produk yang menjadi tulang punggung penjualan AHM. Penjualannya terus meningkat seiring masih besarnya minat masyarakat terhadap model sepeda motor bebek. Pada bulan lalu Honda Absolute Revo110 terjual 84.469 unit atau melonjak sekitar 40% dibandingkan dengan 60.510 unit yang terjual pada bulan Februari 2009.

Setelah Adu Irit Revo di Surabaya, AHM berkomitmen akan kembali menggelar kegiatan sejenis di Jakarta pada tanggal 28 Maret dan Bandung pada tanggal 11 April. Bekerja sama dengan Main Dealer, di kedua kota ini, penyelenggaraan lomba akan melibatkan civitas akademika dari Perguruan Tinggi terkemuka untuk terlibat dalam kegiatan, seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Padjajaran, dan Institut Teknologi Bandung.

Hasil Adu Irit Revo di Sidoarjo:
1. Bambang Gunawan, Wiraswasta, 187,908 km/liter.
2. Nur Akromin, Mahasiswa, 170,157 km/liter.
3. Arifin, Wiraswasta, 167,077 km/liter.
4. Hanindya, Karyawan Swasta, 160,539 km/liter.
5. Agil, Mahasiswa, 127,875 km/liter
Read more..

Persaingan Sengit Dikelas Bergengsi

Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar ajang balap satu merek (one make race) dengan nama Honda Racing Championship (HRC) 2010 yang bertemakan "Break Your Limit with Honda Blade". Gelaran yang akan dilaksanakan selama 6 putaran ini merupakan wadah untuk pencinta olahraga sport di Indonesia.

Seri balap tahun ini adalah untuk yang ke-8 kalinya sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2003. Pada HRC 2010 terdiri dari tujuh kelas yang dilombakan, yaitu Honda bebek 125 cc tune up seeded, Honda bebek 125 cc tune up pemula, Honda bebek 125 cc standar pemula, Honda bebek 110 cc tune up seeded, Honda bebek 110 cc pemula, Honda bebek 110 cc standar pemula, dan Kelas Honda Blade 110 cc standar lokal pemula serta Kelas Matik.

Sebagai putaran pembuka, HRC 2010 digelar di arena PRJ Kemayoran, Jakarta diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang.



Acara pembuka HRC 2010, ini cukup meriah dengan dihibur Capoera Dance dan Modern Dance. Secara resmi gelaran HRC 2010 putaran 1 di Jakarta dibuka oleh Johannes Loman (Executive Vice President Director AHM), Robbyanto Budiman (President Director WMS), Edwin Haryono (Wakil Sekjen IMI Pusat), Julius Aslan dan Takashi Nakamura (Marketing Director AHM).

Selain adu balap, HRC 2010 juga diramaikan dengan beragam acara hiburan. Diantaranya adalah pertunjukkan musik dan band. Pengunjung dapat menimba ilmu safety riding dari para instruktur serta mencoba Honda Riding Trainer (HRT), yang merupakan simulator cara berkendara yang aman dan nyaman untuk konsumen.

Yang dimanjakan pada acara ini bukan hanya orang dewasa, namun pengunjung yang membawa anak dimanjakan dengan arena Kids Zone. Di sana, anak-anak bisa bermain sekaligus belajar. Selain itu, pengunjung dapat pula mengikuti beragam permainan (games) dan kuis dengan hadiah menarik. Tak ketinggalan tersedia booth penjualan unit sepeda motor Honda serta suku cadangnya. Pengunjung HRC 2010 Putaran Pertama ini berjumlah sekitar 13 ribu orang.

Para Biker's di HRC 2010 juga diberikan wadah untuk kopi darat (kopdar) komunitas sepeda motor. Apalagi, deklarasi Raider Honda Blade Club (RHBC) dan Paguyuban Honda Matic Tangerang (PHMT) diadakan berbarengan dengan HRC 2010. Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) turut hadir merayakan HUT pertamanya di tempat yang sama.

Persaingan Sengit
Peserta balap HRC 2010 kali ini berjumlah 163 starter dalam tujuh kelas yang diperlombakan. Salah satu kelas itu adalah Honda Matic. Tahun ini, kelas Honda Matic tidak lagi berupa exhibition. Hal ini seiring dengan perkembangan balap matik dan pertumbuhan sepeda motor matik yang makin meningkat tiap tahunnya.

Pada kelas Bebek 125cc Tune up Seeded (MP1) yang merupakan kelas bergengsi pada ajang ini terjadi persaingan yang sengit dengan saling mengejar diposisi pertama. Pada lap awal Bima Octavianus (Honda DAM Adira NHK Motor) memimpin pada posisi pertama, namun pada lap-lap akhir dengan pengalaman balap nasional Rey Ratukore (Honda BRT Indoparts Federal Oil KYT) memimpin pada posisi pertama.

Begitu juga pada kelas bergengsi lainnya kelas Bebek 110cc Tune up Seeded (MP2) saling bersaing antara M. Nurgianto (Honda Banten NHK FDR), Wawan Hermawan (Honda Putra Rinjani IRC NHK) dan Bima Aditya R (Wahana Dunia Motor FDR INK Federal Oil). Akhirnya berdasarkan pengalaman di dunia balap M. Nurgianto mampu menduduki posisi pertama.

Kayaknya HRC 2010 di putaran ke-2 di Yogyakarta pada 8-9 Mei 2010 akan menjadi persaingan yang lebih sengit lagi, untuk mencapai posisi pertama mengingat hadiah sepeda motor diakhir putaran. Sampai jumpa di putaran ke-2 Yogyakarta.


--------------------------------------------------------------------------------






Hasil Balap Honda Racing Championship 2010 Putaran-1

Honda Blade Standar Pemula Lokal

1.DEDI KURNIAWAN - Jakarta - FIM FDR KYT
2.DHARMAHENDRA - Jakarta - Kaka FIM FDR
3.AYATULLAH M. RAJIAN - Jakarta
Honda Matic 130cc Standar Pemula

1.YOHANES RIO PURNOMO - Jakarta - Wahana Dunia Motor FDR INK Federal Oil
2.FITRA RAMDHANI - Bandung - Yonex Gaspool Clinic Motor
3.ASEP BEDOEN - Subang - DAM Golden Warning Eleven
Honda Matic 130cc Tune Up Terbuka

1.FEBRIANUS BALANK Depok Yutaka Racing Team
2.DADAN ALAMSYAH Subang DAM KYT FDR Federal Oil FIF Warning Golden SND
3.TOMMY PATRIA Jakarta CLD Racing R-9 Anjany
Honda Bebek 110cc Tune Up Pemula (MP-4)

1.ANGGA PA. - Bandung - DAM KYT FDR Federal Oil FIF Warning Golden SND
2.YOHANES RIO PURNOMO - Jakarta - Wahana Dunia Motor FDR INK Federal Oil
3.MARSHOLANDI - Bandung - DAM KYT FDR Federal Oil FIF Warning Golden SND
Honda Bebek 125cc Tune Up Pemula (MP-3)

1.TRI CAHYONO - Gunung Kidul - Honda Tunas Jaya FDR INK Federal Oil
2.DADAN ALAMSYAH - Subang - DAM KYT FDR Federal Oil FIF Warning Golden SND
3.ANDRI HERMANSYAH - Jakarta - Showa Racing Team
Honda Bebek 110cc Tune Up Seeded (MP-2)

1.M. NURGIANTO - Jakarta - Honda Banten NHK FDR
2.WAWAN HERMAWAN - Ciamis - Honda Putra Rinjani IRC NHK FO Ahau RT
3.BIMA ADITYA R. - Surakarta - Wahana Dunia Motor FDR INK Federal Oil
Honda Bebek 125cc Tune Up Seeded (MP-1)

1.REY RATUKORE - Jakarta - Honda BRT Indoparts Federal Oil KYT
2.BIMA OCTAVIANUS - Semarang - Honda DAM Adira NHK Motora
3.OCKY RISTAN - Tasikmalaya - Honda Denso Castrol NHK Jayadi RT

SUMBER : Astra-Honda.com


Read more..

New Absolute Revo 110 DX, Tampil Lebih Eksklusif dan Dinamis

Absolute Revo DX Spesification
Jakarta — PT Astra Honda Motor (AHM) kembali melakukan ubahan tampilan model motor bebeknya. Perubahan total kali ini dilakukan pada desain Honda New Absolute Revo 110 DX menjadi lebih stylish sehingga terlihat sangat eksklusif dan dinamis.

Honda Absolute Revo 110 DX saat ini merupakan varian tertinggi Revo 110 di segmen motor bebek berkapasitas mesin di bawah 125cc. Tampilan depan varian ini berubah total setelah cover body depan dan bagian sayapnya (leg shield) didesain dengan karakter garis yang tajam dan agresif. Selain itu, perubahan lain juga terlihat dengan adanya air intake dan fin relief yang aerodinamis pada cover body depan.

Perubahan tersebut membuat Honda Absolute Revo 110 DX kini tampil lebih eksklusif dan dinamis. Kesan ini semakin kuat dengan adanya striping dan warna body baru, warna gold pada kaliper rem cakram depan, serta aksen warna merah pada spiral suspensi belakang.

Perubahan lainnya terlihat pada peredam getaran pada setang yang kini tampil dengan warna chrome yang memberi kesan mewah. Demikian pula pada bagian pegangan belakang kini hadir dengan desain baru yang lebih modern.

Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan model motor bebek masih menjadi idola masyarakat di Tanah Air. Karena itu, pihaknya menawarkan desain baru produk Honda Absolute Revo DX yang diharapkan sesuai dengan keinginan konsumen.

”New Absolute Revo 110 DX merupakan jawaban bagi masyarakat yang menginginkan sepeda motor dengan tampilan baru yang eksklusif, hemat bahan bakar, dan bertenaga," ujarnya.

Honda New Absolute Revo 110 DX dipasarkan dalam 3 pilihan warna yaitu Inferno Red, Affinity Black dan Gusto Brown. Varian ini dilepas dengan harga Rp 13.815.000,- (on the road Jakarta). Adapun dua varian Absolute Revo lainnya dijual dengan harga Rp 11.865.000 (spoke wheel) dan Rp 13.215.000 (cast wheel).

Honda New Absolute Revo 110 mengusung mesin berkapasitas 110 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru EFT (Efficient & Low-Friction Technology) sehingga menjadikannya bebek paling irit dan bertenaga di kelasnya, namun tetap ramah lingkungan sesuai standar emisi yang ditentukan pemerintah.

Honda Absolute Revo 110 series masih menjadi penyumbang terbesar penjualan AHM di segmen motor terlaris ini setelah pada bulan lalu terjual 96.229 unit. Dengan angka ini, penjualannya ini berarti tumbuh sekitar 29% dibandingkan dengan bulan Maret 2009 yang hanya 74.659 unit.

SUMBER : Astra-Honda.com
Read more..

Honda Kukuhkan Diri Sebagai Motor Teririt dan Desain Terbaik

Jakarta - Predikat sebagai motor hemat bahan bakar bagi Honda semakin tak tergoyahkan setelah PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyapu bersih hampir semua penghargaan The Best Fuel Consumption dalam ajang Otomotif Award 2010.

Dalam pengumuman penghargaan Tabloid Otomotif yang diumumkan akhir pekan lalu,Honda berhasil menyisihkan merek sepeda motor lain yang turut bersaing dalam memperebutkan predikat The Best Fuel Consumption di semua segmen, baik bebek, skutik, maupun sport.

Gelar paling bergengsi dalam hal konsumsi bahan bakar ini diraih AHM melalui Honda BeAT yang berada di kelompok Skutik 110-115 cc, Honda Absolute Revo di kelas bebek 110-115 cc, dan Supra X 125 di kelompok bebek 120-125 cc. Selain itu, Honda Tiger juga dikukuhkan sebagai motor spor teririt di kelompok 180-250 cc. Kemenangan ini dilengkapi oleh keberhasilan Honda CS1 meraih penghargaan yang sama di kelompok Bebek Super dan Supra X 125 PGM-FI di kelompok bebek injeksi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Otomotif Award ini akan semakin mengukuhkan persepsi publik selama ini bahwa Honda sebagai motor hemat bahan bakar dan ramah lingkungan,” ujar Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM.

Selain 6 penghargaan The Best Fuel Consumption di atas, AHM juga menyabet 7 penghargaan lain. Dengan 13 penghargaan ini menempatkan Honda sebagai merek penerima penghargaan terbanyak, termasuk untuk predikat paling bergengsi di ajang Otomotif Award 2010 ini, yaitu Rookie of The Year yang diraih Honda Vario Techno.

Honda Vario Techno juga dikukuhkan sebagai The Best Feature & Technology sedangkan varian pendahulunya Honda Vario mendapatkan penghargaan sebagai The Best Performance and Handling di kelompok Skutik 110-115 cc. Peghargaan lain yang diberikan Tabloid Otomotif kepada sepeda motor Honda adalah The Best Design. Di kelompok skutik 110-115 cc diberikan kepada Honda Vario Techno, di Bebek 110-115 cc dimenangkan oleh Honda Blade, di kelompok Bebek Super dianugerahkan untuk HondaCS1, dan di kelompok Bebek Injeksi, Honda Supra X 125 PGM-FI dikukuhkan sebagai yang terbaik.

“Motor Honda tak hanya irit, tapi juga stylish dan modern. Penghargaan The Best Design ini merupakan bukti nyata atas inovasi yang terus dilakukan Honda melalui tampilan motor terbarunya.”


--------------------------------------------------------------------------------

Caption Gbr:
Manajemen AHM Takashi Nakamura (Marketing Director) menerima 13 penghargaan dalam ajang Otomotif Award 2010 dari Agus Langgeng (Manajer Media Gramedia majalah) di ajang Tumplek Blek Parkir Timur Senayan
Read more..

AHM Bukukan Lonjakan Penjualan 95,4% pada April

Jakarta — Permintaan sepeda motor Honda menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa pada bulan April setelah PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menjual sebanyak 304.529 unit atau melambung 95,4% dibandingkan dengan bulan April 2009 yang hanya 155.789 unit.

Tipe sepeda motor bebek masih menjadi penyumbang terbesar penjualan AHM pada bulan April. Dengan tiga model utama di segmen ini, yaitu Absolute Revo, Supra X 125, dan Blade, AHM berhasil mencatat penjualan motor bebek sebanyak 182.097 unit. Angka ini melambung 110% jika dibandingkan dengan realisasi penjualan motor bebek Honda pada April 2009 yang hanya 86.585 unit.

Di segmen bebek, Honda Blade menyumbangkan 19.599 unit, Supra X 64.499 unit, dan Absolute Revo tercatat terjual 97.999 unit. Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan kendati mencatat pertumbuhan yang besar pada bulan April lalu, optimalisasi kapasitas produksi terutama untuk model skutik Honda belum mencapai angka ideal yang ditargetkan perusahaan. Akibatnya, permintaan konsumen terhadap skutik Honda masih belum dapat dipenuhi semua.

Dia menegaskan AHM berkomitmen untuk segera merealisasikan peningkatan kapasitas produksi terutama motor skutik agar dapat segera memenuhi pesanan konsumen.

“Kami terus berusaha meningkatkan produksi dengan tetap memperhatikan agar tidak terjadi penumpukan stok di jaringan diler,” ujarnya. Di segmen skuter otomatik atau skutik, AHM juga membukukan pertumbuhan penjualan yang besar, yaitu 81% dari hanya 58.490 unit pada bulan April 2009 dibandingkan dengan perolehan penjualan pada bulan April 2010 sebesar 105.989unit.

Di segmen ini, AHM memiliki Vario yang terjual 49.834 unit atau melambung 72% dibandingkan dengan penjualan pada April 2009 yang hanya 29.055 unit. Selain itu juga terdapat Honda Beat yang terjual sebanyak 56.155 unit atau melonjak 91% dibandingkan dengan April 2009 yang hanya 29.435 unit.

“Sebagai bukti keseriusan kami bermain di segmen skutik, selain meningkatkan kapasitas produksi, dalam waktu dekat kami akan memperkenalkan skutik baru ke konsumen.”

Tak hanya model bebek dan skutik, di segmen sport AHM juga membukukan penjualan 53% lebih besar dibandingkan dengan April 2009 yang hanya 10.714 unit sementara April 2010 sebanyak 16.443 unit. Di segmen ini Mega Pro menyumbangkan 8.843 unit, Tiger 4.690 unit, dan CS1 sebanyak 2.910 unit.
Read more..

AHM Perkenalkan Skutik Retro Modern Honda Scoopy

Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) membuktikan keseriusannya menggarap pasar motor skutik dengan menyuguhkan pilihan model yang beragam. Kali ini AHM merilis Honda Scoopy, sebuah skutik unik dengan desain retro-modern untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup anak muda di Indonesia.

Manajemen AHM bersama Vierra sebagai ambasador Scoopy berpose dengan Honda Scoopy saat launching di FX Cone Jakarta, Kamis (20/05)

Keberadaan Honda sebagai trendsetter di pasar motor nasional kembali terlihat. Terbukti melalui Honda Scoopy ini AHM menciptakan tren baru untuk anak muda yang ingin tampil beda dan mengedepankan gaya hidup serta kebebasan berekspresi.

Sebagai trendsetter skutik retro, AHM membekali Scoopy dengan desain yang kental dengan kesan retro-modern yang belum pernah dimiliki oleh pabrikan lain di Indonesia. Tampilan serba bulat terlihat hampir di seluruh desain skutik baru ini, yaitu mulai dari bodyline, desain lampu depan, lampu sein, hingga sepasang spion kembarnya.

Lampu bulat Scoopy dilengkapi dengan lampu senja dengan multireflektor yang membuat pencahayaannya terang dan jangkauannya luas. Dua lampu sein bertekstur yang dipasang terpisah dari bodi, mempertegas kesan retro-modern dan sekaligus membuat Scoopy ini akan mudah dilihat dari arah depan maupun samping.

Kesan modern juga terlihat dari sisi samping Scoopy tampil dengan striping simple, emblem bergaya, serta tampilan belakang yang serba membulat. Tampilan semakin menarik juga terlihat pada velg racing, spion, dan pelindung knalpotnya yang tematis berwarna putih, tampil serasi dengan kombinasi warna bodinya yang semakin menegaskan genre retro-modern skutik bermesin 110 cc ini.

Tiga warna body Scoopy dapat menjadi alternatif untuk mendukung gaya hidup anak muda yang menjadi sasaran utama model baru ini, yaitu Classic white (tampil mewah bergaya klasik), Retro Pink (tampil ceria bergaya retro), dan Vintage Violet (tampil eksklusif bergaya vintage). AHM akan memasarkan skutik barunya ini dengan harga Rp13.500.000 (On The Road DKI Jakarta).

Seperti sepeda motor skutik Honda yang lain, Scoopy juga dilengkapi dengan kunci pengaman bermagnet otomatis (auto secure keys shutter), tuas pengunci rem (brake lock), dan standar samping otomatis (side stand switch), dan choke otomatis. Bagi pembeli Scoopy, AHM juga akan memberikan helm bergaya retro-modern yang sudah memenuhi ketentuan SNI-2. Berbagai part aksesoris juga tersedia untuk memaksimalkan aksi berkendara dengan Honda Scoopy.

Presdir PT AHM Yusuke Hori mengatakan kehadiran Scoopy merupakan salah satu bentuk komitmen Honda untuk terus menghadirkan produk motor inovatif bagi konsumen di Indonesia.

“Kami optimistis Scoopy akan diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadi trendsetter di segmen motor beraliran retro-modern,” ujarnya.

Executive Vice President PT AHM Johannes Loman menuturkan Scoopy akan melengkapi line up produk skutik Honda di Indonesia sekaligus akan memperkuat penetrasi Honda di segmen skutik yang saat ini sedang tumbuh pesat.

“Tampilan Scoopy yang unik dan menarik ini akan menciptakan pasar skutik baru sehingga pilihan model skutik Honda bagi konsumen akan lebih beragam di pasar.”


--------------------------------------------------------------------------------
Spesifikasi Honda Scoopy
Panjang x lebar X tinggi
Jarak sumbu roda
Jarak terendah ke tanah
Berat kosong
Tipe rangka
Tipe suspensi depan
Tipe suspensi belakang
Ukuran ban depan
Ukuran ban belakang
Rem Depan
Rem Belakang
Kapasitas tangki bahan bakar
Tipe mesin
Sistem pendinginan
Diameter x langkah
Volume langkah
Perbandingan kompresi
Daya maksimum
Torsi maksimum
Kapasitas minyak pelumas mesin
Kopling
Transmisi
Starter
Aki
Busi
Sistem pengapian
Karburator
Lampu depan
Lampu senja : 1.844 x 699 x 1.070 mm.
: 1.240 mm.
: 150 mm.
: 94 kg. (tipe CW)
: Tulang punggung
: Teleskopik
: Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
: 80/90 – 14 M/C 40P
: 90/90 – 14 M/C 46P
: Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
: Tromol
: 3,5 liter.
: 4 langkah, SOHC
: Pendinginan udara dengan kipas
: 50 x 55 mm.
: 108 cc.
: 9,2 : 1
: 6,09 kW (8.28 PS) / 8.000 rpm.
: 8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm.
: 0,7 liter pada penggantian periodik
: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
: Otomatis, V-Matic
: Electric starter & kick starter
: MF battery, 12 V – 3 A.h
: ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
: DC - CDI, Battery
: VK22x1
: 12V 32 W x 1
: 12V 5 W x 1
Read more..

Saat Berkendara

1.Pengereman


■Sangat penting untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.
■Rem depan harus dioperasikan sedikit lebih kuat dari rem belakang, karena rem depan lebih efektif daripada rem belakang.

2.Berada Di Jalur Kiri


■Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang mendadak dari arah yang berlawanan.
■Jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan. (berkendara di sebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang dapat mengakibatkan luka yang serius atau kematian).

3.Berpindah Jalur


■Ketika Anda hendak berpindah jalur, sangat penting untuk memberi tanda ke arah yang Anda tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya.
■Pengendara harus memperhatikan kaca spion, terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.

4.Melewati Persimpangan


■Ketika belok ke kiri atau ke kanan dipersimpangan sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan yang lain.
■Sebelum berpindah jalur, pastikan kondisi keamanan dan keadaan lalu-lintas di sekitar Anda (jangan hanya melihat kaca spion, karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan)

5.Rintangan Di Jalan
Batu, kerikil, tanah atau lumpur dan pasir


■Batu, kerikil, tanah atau lumpur dan pasir membuat permukaan jalan sangat licin dan dapat menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya, kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik), hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras saat melalui kondisi jalan seperti ini.
■Waspadalah selalu untuk melihat permukaan jalan di depan Anda, karena ada beragam bentuk lubang di permukaan jalan dan perbedaan ketinggian pada bahu jalan.
Lubang di jalan dan perbedaan ketinggian pada bahu jalan

■Ketika berkendara di jalan, pengendara motor harus selalu hati-hati tidak hanya pada pengendara yang lain di sekitarnya, tetapi juga perilaku dari pejalan kaki dan hewan.
Pejalan kaki yang menyeberang jalan


6.Berkendara Dengan Satu Tangan

Anda tidak dibenarkan mengendarai sepeda motor dengan satu tangan (mis: memegang payung untuk menghindari hujan atau sinar matahari), karena Anda dapat dengan mudah kehilangan keseimbangan.


Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol (mis: minuman keras) dan obat-obatan (mis: yang menimbulkan kantuk ataupun obat-obatan terlarang), dapat mengurangi konsentrasi dan reflek pada saat berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain.

8.Berkendara Pada Malam Hari

Sinaran lampu khususnya lampu depan memiliki keterbatasan penyinaran pada malam hari, oleh sebab itu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara di malam hari.

9.Patuhi Rambu-rambu Lalu-lintas

Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan dan jangan lupa untuk selalu membawa SIM dan STNK demi kenyamanan Anda berkendara.
Read more..

Sebelum Berkendara







1.Pemanasan tubuh
Dikarenakan pentingnya menjaga keseimbangan pada waktu mengendarai sepeda motor, maka pastikan tubuh dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara.
2.Perlengkapan Berkendara

Helm




■Biasakanlah untuk selalu menggunakan helm pelindung ketika mengendarai sepeda motor , karena kepala merupakan bagian tubuh terpenting dari manusia.
■Tali pengikat helm harus dipasang dan dikencangkan secara benar untuk mencegah helm terlepas ketika terjatuh.
Sepatu

■Gunakanlah sepatu, tidak dianjurkan menggunakan sandal atau bertelanjang kaki ketika mengendarai sepeda motor, karena ketika berhenti pengendara harus bertumpu pada kaki mereka untuk menjaga keseimbangan sehingga cenderung kehilangan kestabilannya yang memungkinkan terjadinya cidera.
Pakaian

■Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang yang pas dan nyaman di tubuh pengendara saat mengendarai sepeda motor (gunakan pakaian yang memang dirancang untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.
3.Pengecekan Sepeda Motor

Rem


■Periksa rem depan dan belakang apakah berfungsi secara normal, khususnya rem depan karena lebih efektif dalam pengereman.
■Peralatan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan menghentikan jalannya sepeda motor hanyalah rem.
Ban

■Periksa tekanan angin ban sesuai standard dan periksa keausan alur ban.
■Ban yang aus dan tekanan angin yang tidak sesuai akan menyebabkan jarak pengereman semakin panjang dan pengendalian menjadi tidak stabil saat menikung.
■Tekanan angin yang sesuai menghasilkan pemakaian bahan bakar yang ekonomis.
Lampu-lampu

■Pastikan lampu sein, lampu rem dan lampu depan berfungsi dengan baik.
■Lampu sein dan lampu rem digunakan sebagai tanda bagi pengguna jalan yang lain untuk mengetahui tujuan anda, karena sepeda motor berbagi jalan dengan pengguna jalan umum seperti pengendara mobil, pengendara sepeda dan pejalan kaki.
Kaca Spion

■Sesuaikan posisi kaca spion dengan benar untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas.
■Adalah penting untuk melihat kaca spion dan mengecek langsung kondisi di sekitar pengendara.
4.Postur Berkendara


Untuk menjaga keseimbangan saat mengendarai sepeda motor, perhatikan “Tujuh Point Utama” postur berkendara Anda sebagai berikut:


Mata


■Melihat jauh ke depan (ke arah yang hendak dituju) agar jarak pandang menjadi lebih luas.
Pundak

■Santai atau rileks.
Siku

■Tangan sedikit menekuk dengan santai.
Tangan

■Memegang bagian tengah dari gas tangan dimana Anda dapat dengan mudah untuk mengoperasikan handle rem atau kopling dan saklar.
Pinggul

■Duduk pada posisi dimana Anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.
Lutut

■Secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport).
Kaki

■Letakkan bagian tengah telapak kaki Anda pada sandaran kaki, jari kaki menghadap ke depan, ibu jari kaki secara ringan berada di atas pedal rem dan pedal gigi.
Read more..

Sebelum Berkendara

1.Pemanasan tubuh
Dikarenakan pentingnya menjaga keseimbangan pada waktu mengendarai sepeda motor, maka pastikan tubuh dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara.
2.Perlengkapan Berkendara

Helm




■Biasakanlah untuk selalu menggunakan helm pelindung ketika mengendarai sepeda motor , karena kepala merupakan bagian tubuh terpenting dari manusia.
■Tali pengikat helm harus dipasang dan dikencangkan secara benar untuk mencegah helm terlepas ketika terjatuh.
Sepatu

■Gunakanlah sepatu, tidak dianjurkan menggunakan sandal atau bertelanjang kaki ketika mengendarai sepeda motor, karena ketika berhenti pengendara harus bertumpu pada kaki mereka untuk menjaga keseimbangan sehingga cenderung kehilangan kestabilannya yang memungkinkan terjadinya cidera.
Pakaian

■Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang yang pas dan nyaman di tubuh pengendara saat mengendarai sepeda motor (gunakan pakaian yang memang dirancang untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.
3.Pengecekan Sepeda Motor

Rem


■Periksa rem depan dan belakang apakah berfungsi secara normal, khususnya rem depan karena lebih efektif dalam pengereman.
■Peralatan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan menghentikan jalannya sepeda motor hanyalah rem.
Ban

■Periksa tekanan angin ban sesuai standard dan periksa keausan alur ban.
■Ban yang aus dan tekanan angin yang tidak sesuai akan menyebabkan jarak pengereman semakin panjang dan pengendalian menjadi tidak stabil saat menikung.
■Tekanan angin yang sesuai menghasilkan pemakaian bahan bakar yang ekonomis.
Lampu-lampu

■Pastikan lampu sein, lampu rem dan lampu depan berfungsi dengan baik.
■Lampu sein dan lampu rem digunakan sebagai tanda bagi pengguna jalan yang lain untuk mengetahui tujuan anda, karena sepeda motor berbagi jalan dengan pengguna jalan umum seperti pengendara mobil, pengendara sepeda dan pejalan kaki.
Kaca Spion

■Sesuaikan posisi kaca spion dengan benar untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas.
■Adalah penting untuk melihat kaca spion dan mengecek langsung kondisi di sekitar pengendara.
4.Postur Berkendara

Untuk menjaga keseimbangan saat mengendarai sepeda motor, perhatikan “Tujuh Point Utama” postur berkendara Anda sebagai berikut:


Mata


■Melihat jauh ke depan (ke arah yang hendak dituju) agar jarak pandang menjadi lebih luas.
Pundak

■Santai atau rileks.
Siku

■Tangan sedikit menekuk dengan santai.
Tangan

■Memegang bagian tengah dari gas tangan dimana Anda dapat dengan mudah untuk mengoperasikan handle rem atau kopling dan saklar.
Pinggul

■Duduk pada posisi dimana Anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.
Lutut

■Secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport).
Kaki

■Letakkan bagian tengah telapak kaki Anda pada sandaran kaki, jari kaki menghadap ke depan, ibu jari kaki secara ringan berada di atas pedal rem dan pedal gigi.
Read more..

Biar Aman Berboncengan

Buat Sobat yang suka ngeboncengin teman, info “safety riding” kali ini penting nih. Bahkan, yang hobi nebeng juga harus tau lho..

Buat pengendara dan penumpang!
1. Jangan lupa pake helm, jaket, sarung tangan, celana panjang & sepatu ya!
2. Sadar dengan tanggung jawab keselamatan selama berboncengan. Ingeet, hindari nyelap-nyelip di jalan Sobat!
3. Uiiitss, berdoa penting lho supaya bisa ngejaga emosi

Khusus buat pengendara!
1. Harus orang yang benar-benar mampu berkendara berboncengan. Nah, buat Sobat yang baru belajar mengendarai motor lebih baik hindari dulu menggonceng adik atau teman…
2. Motor kamu harus ada pijakan kaki atau kelengkapan lainnya..
3. Perhatikan tekanan angin ban dan suspensinya. Kalo bisa, hindari bawa penumpang yang melebihi batas berat motor kamu yaa...
4. Kalau terpaksa harus mendahului kendaraan lain, perhatikan waktu, area & kemampuan motormu
5. Yang paling penting; lakukan pengereman lebih dini karena pada kondisi berboncengan jarak pengereman menjadi lebih jauh & lebih labil.



Jangan salah, buat yang ”diboncengin” juga ada aturannya lho… Pegang pinggang pengendara dan lutut menjepit ringan agar dapat mengikuti gerakan pengendara sehingga memudahkan pengendaraan. Ikuti gerakan teman yang mengendarai motor, termasuk saat menikung, sehingga pengendalian akan lebih mudah. Ingat berboncengan tidak lebih dari 1 orang…Tetap berkendara dengan aman ya..!!
Search Article

SUMBER : AHM.com




Read more..

Riding Posture

Jakarta - Dalam melakukan teknik ngerem, bukan semata fokus pada bagaimana menarik tuas rem. Penting juga diperhatikan postur berkendara alias riding posture. Riding posture berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara. Dengan Riding Posture yang benar membuat pengereman sepeda motor ngepot, begitu juga saat melakukan manuver atau berbelok.

Menurut chief instruktur safety riding PT AHM, Anggono Iriawan, ada 7 (tujuh) riding posture yang mesti diketahui. Yakni; 1. Mata, 2. Pundak, 3. Siku, 4. Tangan, 5. Pinggul, 6. Lutut, 7. Kaki.

Masing-masing memiliki fungsi sendiri. Mata, fungsinya untuk melihat. ”Pandangan mesti jauh. Agar jarak pandang lebih luas. Juga memudahkan dalam antisipasi jika ada obyek lainnya yang mengganggu” jelas Anggono.

Dalam berkendara, sebaiknya, pundak dibikin rileks. Jangan tegang karena itu akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang. Ujung-ujungnya, badan jadi gampang letih alias capek deh!

Bukan cuma itu, Sudut siku yang lurus juga bisa bikin susah pengendara dalam melakukan manuver. Gerak setang ke kiri dan kanan pun akan terlihat kaku.

Tapi begitunya, posisi siku juga jangan lurus. “Sudut siku idealnya 120 derajat, dengan begitu, pegangan tangan ke setang jauh lebih kuat. Dan tentunya juga, tidak membuat badan jadi gampang pegal,” tambah instruktur yang pernah ikut kursus safety riding di Jepang ini.

Jari tangan memegang bagian tengah dari grip, dengan demikian akan memudahkan pengendara mengoperasikan handel gas, rem, kopling, sakelar dan switch lainnya.

Posisi duduk ikut berpengaruh terhadap pinggul. Duduk terlalu jauh dari setang tidak baik. Begitu pula kalau terlalu dekat. Pada motor tipe sport, posisi lutut idealnya mengempit tangki. ”Saat cornering alias berbelok, posisi begini akan memudahkan,” beber AIR panggilan akrabnya. Pijakan rem dan perseneling harus tegak lurus dengan kaki. Ini untuk antisipasi, ketika terjadi pengereman mendadak. Dengan begitu pengendara
bisa langsung injak tuas. Silahkan mencoba
SUMBER : AHM.com
Read more..

Teknik Mengerem yang Benar

Jakarta - Pengereman adalah hal yang paling penting diketahui pengendara saat berkendara sepeda motor. Ironisnya masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak tahu teknik pengereman yang benar. Bahkan dalam kurikulum training Safety Riding Honda, materi pengereman adalah materi yang pertama diajarkan dalam “menu saat berkendara”.

Pada saat kita memutuskan untuk belajar mengendarai sepeda motor, hal pertama yang harus kita pertimbangkan untuk menghindari diri dari resiko kecelakaan adalah bagaimana kita dapat menguasai teknik untuk menghentikan laju kendaraan. Satu-satunya alat yang bisa dengan aman mengurangi laju kendaraan dan menghentikan kendaraan adalah rem.

Engine brake : efek pengereman yang ditimbulkan akibat penurunan kecepatan putaran mesin (tidak ada untuk type matic), bisa membantu mengurangi laju kendaraan akan tetapi yang bisa menghentikan laju kendaraan adalah rem. Apabila teknik pengereman sudah dikuasai dan terlatih untuk melakukannya, maka kepercayaan diri akan meningkat dan jarak pengereman bisa diperpendek.

Semakin pendek jarak pengereman akan semakin baik, semakin jauh resiko kita terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Pada sepeda motor kita mengenal rem depan dan rem belakang. Paling efektif untuk menghentikan laju kendaraan adalah rem depan. Artinya apabila teknik pengereman telah dikuasai dengan baik, maka jarak pengereman paling pendek akan diperoleh apabila mengaplikasikan rem depan. Rem belakang hanya digunakan sebagai penyeimbang. Dalam kondisi latihan biasanya kita atur segalanya adalah ideal dan dilakukan secara berulang, hal ini semata-mata untuk mengasah kemampuan kita dalam menguasai teknik dasar pengereman. Pada saat berkendara di jalan raya penting untuk kita memperhatikan hal-hal lain yang tidak akan kita jumpai seperti pada saat latihan, misalnya : kondisi jalan yang tidak rata, berpasir, basah, dan sebagainya.

Dalam latihan, bisa dicoba beberapa pengereman; pengereman dengan menggunakan rem belakang saja, kemudian rem depan saja, dan terakhir cobalah dengan teknik pengereman yang benar dengan menggunakan kedua rem. Dengan kondisi yang ideal cobalah untuk merasakan dan membandingkan jarak pengereman yang dihasilkan.
Urut-urutan dalam proses pengereman (dengan SM type sport) yang penting untuk dilatih (sampai dengan sepeda motor berhenti) :

1.Melajulah dengan kecepatan tertentu. Untuk awal, 40 km/jam cukup untuk kita bisa melatih teknik dasar pengereman. Gunakan gigi 4 ke atas.

2.Pada saat kita putuskan untuk mengerem, hal pertama yang harus kita lakukan adalah melepaskan putaran gas (deselerasi). Posisi tangan saat ini adalah menggenggam penuh grip gas (tidak ada jari yang standby pada tuas rem depan).

3.Kemudian langkah berikutnya adalah tangan menarik tuas rem depan dengan cara diremas (seperti bersalaman) dan pada saat yang bersamaan kaki kanan memijak rem belakang sebagai penyeimbang. Pastikan posisi sepeda motor tegak (tidak miring) sehingga resiko tergelincir/terpeleset tidak terjadi.


4.Tepat saat sepeda motor akan berhenti, tarik tuas kopling sehingga mesin tidak mati dan turunkan kaki kiri saat berhenti.

5.Dalam latihan tidak disarankan menggunakan engine brake, semata-mata untuk melatih diri dalam penguasaan teknik dasar pengereman.


6.Langkah tersebut dilakukan secara berulang sampai benar-benar dikuasai.


7.Sebagai evaluasi, dengan teknik pengereman yang benar maka dapat dilakukan pengukuran jarak pengereman (dengan memberikan marking sebagai penanda jarak di sepanjang lintasan pengereman).


8.Setelah evaluasi diperoleh, selanjutnya latihan dapat dilanjutkan dengan menambah kecepatan sesuai kemampuan, misal: 60 km/jam.


Perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk mengaplikasikan rem depan sekuat-kuatnya untuk awal latihan. Resiko terjungkal akan didapatkan apabila “feeling” dalam meremas tuas rem depan dengan optimal belum dikuasai. Latihan berulang dibutuhkan untuk mendapatkan penguasaan yang maksimal.
Selamat berlatih dan berkendara aman dan nyaman bersama Honda. /aas.
SUMBER : AHM.com
Read more..

Moifikasi Sepeda Motor, Amankah?

Jakarta - Saat ini sering kita jumpai sepeda motor yang dimodifikasi alias dirubah sesuai keinginan pemakai, namun apakah sepeda motor dimodifikasi nyaman dikendarai? Rasanya sebelum anda memodifikasi dapat simak ulasan ini.

Setiap sepeda motor standard keluaran pabrikan secara spesifikasi teknis dan desain telah memenuhi standard keamanan dan kenyamanan suatu produk untuk digunakan sehari-hari. Sebelum diterima oleh konsumenpun, sepeda motor Honda telah melalui tahapan Pre Delivery Inspection sebagai Final Inspection sebelum sepeda motor tersebut diterima oleh konsumen.

Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh konsumen apabila mengendarai sepeda motor Honda yang masih dalam kondisi standard keluaran pabrikan baik dari aspek keamanan maupun kenyamanan dalam berkendara.

Konsumen tertentu dan biasanya kalangan anak muda yang selalu ingin tampil beda sering mendesain ulang atau memodifikasi sepeda motornya. Se-ekstreem apapun modifikasi yang dilakukan tidak akan menjadi masalah selama sepeda motor tersebut hanya digunakan untuk “obat mata” saja alias pajangan karena begitu indah untuk dipandang.

Masalah akan muncul apabila sepeda motor yang telah dimodifikasi tersebut digunakan sebagai kendaraan sehari-hari karena dikhawatirkan perubahan yang dilakukan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Dan yang lebih berbahaya lagi apabila perubahan yang dilakukan menyangkut perubahan spesifikasi teknis karena disamping membahayakan si pemilik juga bagi pengguna jalan lain saat berkendara di jalan raya.

Modifikasi paling ringan adalah merubah warna dan striping sepeda motor. Untuk yang satu ini walaupun ringan, satu hal yang perlu diingat adalah data pada STNK-pun perlu disesuaikan jika tidak ingin kena TILANG oleh pihak yang berwajib.

Modifikasi yang merubah bentuk dan ukuran perlu mendapatkan perhatian khusus karena dikhawatirkan dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat bekendara.Contoh saja: Mengganti kaca spion, hal yang mungkin menurut kita sepele. Keindahan tampilan jangan sampai melupakan fungsi dari kaca spion itu sendiri. Sering kita temui kaca spion diganti dengan ukuran yang tidak memadai sehingga fungsinya sebagai alat bantu untuk mengawasi bagian belakang kita saat berkendara tidak lagi berguna secara optimal. Hal ini tentunya bisa membahayakan saat berkendara.

Contoh lain yang dapat membahayakan pengguna jalan lain adalah penggantian warna lampu belakang (stop lamp) yang seharusnya merah menjadi putih (dengan mika bening). Lampu-lampu, klakson, dan segala instrumen yang ada pada sepeda motor adalah merupakan alat bantu kita untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Apabila itu diubah maka akan menggangu komunikasi kita selama berkendara. Terlebih lagi lampu belakang dengan mika bening akan sangat membahayakan bagi pengendara di belakangnya karena dapat menyilaukan pandangan.

Jadi kepuasaan akan hasil karya dan keindahan yang didapat jangan sampai mengganggu kenyamanan saat berkendara, lebih-lebih membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Selamat berkendara aman dan nyaman bersama Honda. /aas.
Search Article



SUMBER : AHM.com
Read more..

AHM raih penghargaan Indonesia’s Most Favorite Youth Brand

Jakarta - Setelah menyabet beberapa penghargaan di awal 2010, di bulan keempat tahun ini PT Astra Honda Motor (AHM) didaulat untuk menerima penghargaan Indonesia’s Most Favorite Youth Brand dari MarkPlus Insight.

Predikat sebagai merek sepeda motor terfavorit di kalangan anak muda ini diberikan oleh MarkPlus Insight setelah perusahaan riset ini melakukan Youth Marketing Subculture Survey 2010 di enam kota besar yaitu Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Makassar. Proyek ini dilakukan bekerja sama dengan Majalah Marketeers.

MarkPlus Insight melakukan survey atas sikap dan persepsi konsumen ini dengan lebih dahulu melakukan riset dengan fokus anak muda. Riset dilakukan dengan pendekatan yang bersifat desk research, focus group discussion, maupun In-depht Interview. Riset kemudian dilanjutkan dengan melakukan riset kuantitatif di enam kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, dan Makassar. Jumlah respondennya sebanyak 734 anak muda berusia 16-35 tahun dengan kelas sosial ekonomi A dan B.

General Manager of Marketing Planning and Analysis Division PT AHM Agustinus Indraputra menilai penghargaan ini mencerminkan semakin kokohnya kepercayaan konsumen terhadap sepeda motor Honda yang selama ini dikenal sebagai produk hemat bahan bakar, stylish, modern, harga terjangkau dan sarat dengan fitur safety, yang diperkuat dengan jaringan layanan purna jual terlengkap.

“Terima kasih atas kepercayaan konsumen ini. Penghargaan ini semakin memperkokoh persepsi publik kalau sepeda motor Honda layak menjadi pilihan semua kalangan, termasuk anak muda ” katanya.

Sebelum mendapat penghargaan Indonesia’s Most Favorite Youth Brand, pada Februari lalu AHM juga mendapatkan Top Brand Award 2010 dari Frontier Consulting Group melalui 3 model motornya.

Dua model sepeda motor Honda berhasil merebut posisi puncak Top Brand Award 2010 dari 3 kategori kendaraan roda dua. Honda Supra bertengger di posisi puncak Top Brand Award segmen motor bebek didampingi Honda Absolute Revo yang berada di peringkat ketiga.

Model lain yang berhasil menempati posisi puncak adalah Honda Tiger yang berhasil memuncaki segmen motor sport menyisihkan model sport yang menjadi andalan salah satu produsen motor di Tanah Air.

Selain 2 penghargaan di posisi puncak, AHM juga menerima penghargaan Top Brand di kategori lain yaitu skutik melaui Vario dan BeAT. Pencapaian ini cukup membanggakan mengingat Honda yang masuk ke segmen skutik ini lebih belakangan dibandingkan produsen skutik lain.
Read more..